Monday 26 July 2010

HURUF YUNANI DAN MATEMATIKA

HIMMA holic udah pada tahu kan kalau dalam matematika telah paten digunakan lambang-lambang tertentu sebagai bahasa notasi internasional. Nah, kebanyakan lambang-lambang tersebut diambil dari huruf-huruf yunani. Tapii sayangnya, masih banyak yang gak bisa membacanya dan membedakan dengan benar, sebut saja misalnya PI dan PHI atau TAU dan SIGMA atau PHI dan PSI. Karena hal ini sangat penting dan harus menjadi pengetahuan dasar bagi insan akademis yang menekuni bidang matematika maupun ilmu eksak lainnya, maka kami merasa perlu untuk menampilkan daftar huruf-huruf yunani tersebut.
Berbeda dengan alfabet Latin yang terdiri dari 26 huruf, alfabet Yunani terdiri dari 24 huruf. Huruf yunani mulai digunakan sejak abad ke-9 SM. Huruf yunani merupakan huruf tertua yang masih digunakan sampai saat sekarang oleh dunia ilmu pengetahuan dan bangsa yunani itu sendiri sebagai tulisan resmi di negara Yunani. Disamping ini adalah daftar dan cara baca huruf yunani, silahkan dibaca dan dipelajari ya.
Nah, karena sekarang sudah tahu, jangan salah lagi ya teman-teman dalam pembacaan dan pengucapan lambang-lambang matematika yang menggunakan huruf Yunani. Agar teman-Teman lebih ahli, dua minggu lagi silahkan bergabung dengan kami untuk mengikuti ujian mata kuliah simbol matematika yang bobotnya 7 sks. (Ruh Yang Rawan)
NO Kapital Kecil Cara Baca
1 A α Alpha
2 B β Beta
3 Γ γ Gamma
4 Δ δ Delta
5 Ε ε Epsilon
6 Ζ ζ Zeta
7 Η η Eta
8 Θ θ Theta
9 Ι ι Iota
10 Κ κ Kappa
11 Λ λ Lambda
12 Μ μ Mu
13 Ν ν Nu
14 Ξ ξ Xi
15 Ο ο Omicron
16 Π π Pi
17 Ρ ρ Rho
18 Σ σ Sigma
19 Τ τ Tau
20 Υ υ Upsilon
21 Φ φ Phi
22 Χ χ Chi
23 Ψ ψ Psi
24 Ω ω Omega

1 comment:

  1. keren gan blog ente, terus berkreasi :)
    tambahan dari ane, kalo bisa make arti indonesianya juga kaya sigma = jumlah jumlah keseluruhan, pi = 3,14.

    ReplyDelete

Silahkan untuk meninggalkan pesan, ktitik dan saran yang membangun.