Monday 26 July 2010

HISTORY OF ZERO

Hai HIMMA holic,,, kalau edisi kemarin kita menghafal alfabet yunani (udah hafal belum ne??? Inget lho 7 sks.:D) maka edisi kali ini kita akan mempelajari sejarah zero,, itu lho pendekar pedang yang ada di one peace. Eh salah deng,,, itu zorro,,,^_^ maksudnya sejarah angka bunder yang para matematikawan seneng banget waktu angka itu ditemukan.. Penasaran??? Penasaran kan dengan sejarahnya, makanya jangan beringgut, yukzz kita simak sejarahnya di bawah ini.
Konsep bilangan nol telah berkembang sejak zaman Babilonia danYunani kuno, yang pada saat itu diartikan sebagai ketiadaan dari sesuatu. Konsep bilangan nol dan sifat-sifatnya terus berkembang darii waktu ke waktu.
Hingga pada abad ke-7, Brahmagupta seorang matematikawan India memperkenalkan beberapa sifat bilangan nol. Sifat-sifatnya adalah suatu bilangan bila dijumlahkan dengan nol adalah tetap, demikian pula sebuah bilangan bila dikalikan dengan nol akan menjadi nol. Tetapi, Brahmagupta menemui kesulitan, dan cenderung ke arah yang salah, ketika berhadapan dengan pembagian oleh bilangan nol.
Hal ini terus menjadi topik penelitian pada saat itu, bahkan sampai 200 tahun kemudian. Misalnya tahun 830, Mahavira (India) mempertegas hasil- hasil Brahmagupta, dan bahkan menyatakan bahwa “sebuah bilangan dibagi oleh nol adalah tetap”. Tentu saja ini suatu kesalahan fatal. Tetapi, hal ini tetap harus sangat dihargai untuk ukuran saat itu.
Ide-ide brilian dari matematikawan India selanjutnya dipelajari oleh matematikawan Muslim dan Arab. Hal ini terjadi pada tahap-tahap awal ketika matematikawan Al-Khawarizmi meneliti sistem perhitungan Hindu (India) yang menggambarkan sistem nilai tempat dari bilangan yang melibatkan bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
Al-Khawarizmi adalah yang pertama kali memperkenalkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai tempat dalam basis sepuluh. Sistem ini disebut sebagai sistem bilangan desimal.
Yupzz itulah sejarah singkat angka bunder itu, mau tau lebih lengkap silahkan pelajari di buku history of mathematic,, okey. Himma holic,,,, nantikan ya, liputan sekitar matematika selanjutnya. (lovely princess)

No comments:

Post a Comment

Silahkan untuk meninggalkan pesan, ktitik dan saran yang membangun.